I. Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969,
melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana
mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang
berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran
telepon.
Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan,
kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua
standaryang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang
sekarang dikenalsebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol /Internet
Protocol). Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.
Pada
saat ituDepartemen Pertahanan Amerika Serikat(US Department of Defense) membuat
sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di
daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangannuklirdan
untuk menghindari terjadinya informasiterpusat, yang apabila terjadi perang
dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja
yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University
of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan
secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Tidak
lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas
di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk
mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu
"MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang
lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan
kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan
menjadi Internet.
II. Aspek
Psikologi dan Demografis dari pengguna Internet
A. Aspek Psikologi dari Pengguna Internet
1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang
berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanitayang memegang posisi sebagai
pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan
perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnyamerupakan pekerjaan pria
semakin menonjol. Data yang tertulis dalam bukuMegatrend for Women:From
Liberation to Leadership yang ditulis oleh PatriciaAburdene & John Naisbitt
(1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalamkepemimpinan semakin membesar. Semakin
banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator,
gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2. Perkembangan kognitif
Berbeda
dengan menonton televisi yang para penonton bersifat pasif, internet dan
permainan elektronik sangat bersifat interaktif. Diduga internet dan permainan
elektronik dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan anak-anak dan orang dewasa. Sejauah
ini belum ada pemantauan untuk melihat perkembangan inteligensi anak-anak
Indonesia. Apakah anak-anak semakin tinggi IQnya dibandingkan dengan generasi
sebelumnya? Apakah anak-anak pengguna internet lebih tinggi kecerdasannya jika
dibandingkan dengan yang bukan pengguna internet?
Teori perkembangan kognitif piaget adalah salah satu
teori yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dengan dan
mengiterprestasikan obyek dan kejadian-kejadian di sekitarnya. Bagaimana anak
mempelajari ciri – ciri dan fungsi dari objek – objek, seperti mainan, perabot
dan makanan, serta objek-objek sosial seperti diri, orang tua, teman. Bagaimana
cara anak belajar mengelompokkan objek-objek untuk mengetahui persamaan-persamaan
dan perbedaan-perbedaannya, untuk memahami penyebab terjadinya perubahan dalam
objek-objek atau peristiwa-peristiwa, dan untuk membentuk perkiraan tentang
objek dan peristiwa tersebut. Piaget
memandang bahwa anak memainkan peran aktif didalam menyusun pengetahuannya
mengenai realitas.
3. Perkembangan seksualitas
Selain
dapat digunakan untuk berpacaran melalui progam internet relay chatting (IRC),
internet dapat pula digunakan untuk mengakses gambar dan filem porno. Walaupun
gambar porno dan cerita porno dapat diperoleh dari berbagai sumber, kehadiran
internet semakin menyemarakkan perolehan pronografi tersebut. Banyak pakar yang
berpendapat bahwa rangsangan seksual yang diperoleh anak akan mempercepat
proses kematangan seksual (lihat Conger, 1975).
4. Kecemasan teknologi
Ada
kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena
terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah
beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet
karena disambar petir. Stres karena teknologi adalah salah satu sumber stres
dalam kehidupan manusia. Tentu saja banyaknya informasi yang masuk melalui
e-mail atau internet dapat pula menyebabkan information overload, dan ini
menjadi sumber stres yang lain.
5. Meningkatnya rasa percaya diri
Kemajuan
ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan
dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percayadiri dan ketahanan diri
sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan
bangsa-bangsa Asia.
6. Tekanan
Kompetisi
yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan
melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras, meskipun demikian
kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
1) Kemerosotan moral di kalangan warga
masyarakat
2) Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan
remaja semakin meningkat
3) Pola interaksi antar manusia yang berubah
B. Aspek demografis
dari individu pengguna internet
1. Pengaruh Gender
a. Dampak positif internet
Dilihat dari
segi positif nya internet memiliki banyak sekali dampak yang sangat luar biasa
hebatnya pada dunia pengetahuan. Para wanita karir maupun ibu rumah tangga kini
dapat memiliki banyak sumber dan pedoman serta informasi-informasi untuk dunia
kerja maupun keperluan sehari-hari misalnya : informasi untuk pekerjaan
,informasi resep makanan bagi ibu rumah tangga.Selain program didalam dunia
kerja, internet juga menawarkan aplikasi berbentuk permainan elektronik yang
pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu.
Permainan elektronik tersebut membantu wanita karier untuk menghilangkan
kejenuhan dalam berkerja, membuat strategi, membangkitkan semangat
kepemimpinan, dan bermain peran (role play).Internet juga bisa menjadi tempat
bisnis bagi wanita yaitu dengan online shop dengan begitu wanita bisa mempunyai
penghasilan sendiri namun ia tetap bisa dirumah mengurus keluarganya. Internet
telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet
mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun
dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
b. Dampak negatif internet
Ø Kejahatan di dalam dunia maya
Ø Pornografi
Ø Kekejaman dan Kesadisan
Ø Penipuan
Ø Penipuan belanja online
Ø Perjudian
Ø Mengurangi sifat sosial manusia
2. Usia
Masa
anak-anak adalah masa keemasan dimana anak-anak berada dalam masa bermain serta
belajar terhadap apa yang belum diketahuinya. Tapi, dimana sekarang perubahan teknologisemakin
pesat, banyak anak-anak terutama pada anak yang berusia 5 hingga 12 tahun lebih
menyukai bermain dengan teknologi baru seperti playstation, game online,
handphone, tablet ataupun ipad.
A. Dampak positif
Ø Memudahkan anak mendapatkan informasi dengan lebih cepat.
Ø Anak dapat mengenal serta menjalin komunikasi dengan berbagai orang dari belahan dunia
ØAkibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif
dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak.
B. Dampak negatif
Ø Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang didapatnya
dari dunia.
Ø Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, tidak sedikit
anak-anak tidak sabar dalam menghadapi kelambatan dan kesulitan.
Ø Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya
sosialisasi anak pada teman temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan
permainan teknologinya.
3. Budaya
Pada masa
sekarang, kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi terasa begitu sangat
pesat. Pesatnya kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap
kebudayaan di Indonesia. Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi
informasi ini memang harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia
tidak kalah saing dengan Negara lain.
A. Dampak Positif
Ø Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
Ø Memudahkan pekerjaan manusia.
Ø Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan
efisien.
Ø Sistem pembelajaran tidak harus tatap muka dengan guru karena
dengan kemajuan TIK khusunya Internet kita bisa melakukan V-class. Dan masih
banyak yang lainnya.
B. Dampak negatif
Ø Masuknya budaya asing yang tidak baik.
Ø Lupa akan waktu
Ø Merosotnya nilai moral
III. Dampak Positif dan Negatif
Internet di Lingkungan Mahasiswa
A. Dampak Positif
- Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
Menjadi
anak kuliahan, kita sudah terbiasa dengan tugas-tugas yang “bejibun” yang
semuanya pasti membutuhkan Internet untuk mencari sumber atau jawaban yang
diperlukan dalam mengerjakan tugas perkuliahan.
- Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
Untuk berkomunikasi dengan
keluarga dan teman tidak harus menggunakan pulsa lagi. Karena hanya dengan layanan
media sosial menggunakan internet, seperti Whatsapp, Line, Skype, dsb. Kita
dapat berkomunikasi dengan mudah dan juga dapat bertatap muka walaupun jauh
dengan keluarga dan teman.
- Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
Sebagai mahasiswa
terutama anak kost yang merantau dari luar kota, pasti sangat mengandalkan
kartu debit untuk membayar uang kuliah dan biaya kehidupan sehari-hari yang
dikirim atau di transfer oleh orang tua. Dengan berkembangnya internet, untuk
melihat saldo tabungan sudah dapat dijangkau dengan mudah dan efisien melalui
internet.
B. Dampak Negatif
- Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
Dalam menggunakan layanan
internet, sebaiknya jangan memasukkan data-data pribadi,seperti mencantumkan
nomor telepon, alamat rumah/kost pada media sosial, contohnya Facebook, Path,
Instagram, dll. Karena sayangya masih banyak oknum-oknum yang “jail”
manggunakan data pribadi seseorang pada situ-situs tertentu.
- Kerahasiaan alat tes semakin terancam
Melalui internet kita dapat
memperoleh informasi tentang tes psikologi,dan bahkan dapat memperoleh layanan
tes psikologi secara langsung dari internet. Sebagai mahasiswa Psikologi, kami
sangat menyayangkan “kelonggaran” kode etik yang terjadi disini.
- Kecemasan teknologi
Selain itu ada kecemasan
skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang
virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh
stres yang terjadi karena teknologi.
THANK'S TO :
id.scribd.com/doc/111764320/Sejarah-Internet-pdf
http://sendyrahmawatiafdillah.blogspot.com
https://id.scribd.com/doc/92246212/LANDASAN-ILMU-PENGETAHUAN-DAN-TEKNOLOGI-DALAM-PENGEMBANGAN-KURIKULUM
0 komentar:
Posting Komentar