Pages

Sabtu, 29 Oktober 2016

Psikologi dan Teknologi Internet





         I.     Sejarah Internet

         Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced  Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam  jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
               Proyek ARPANET merancang bentuk  jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standaryang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenalsebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol /Internet Protocol). Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer.
         Pada saat ituDepartemen Pertahanan Amerika Serikat(US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangannuklirdan untuk menghindari terjadinya informasiterpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
          Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.





 II.     Aspek Psikologi dan Demografis dari pengguna Internet


                       A.   Aspek Psikologi dari Pengguna Internet
      1.      Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
            Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanitayang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnyamerupakan pekerjaan pria semakin menonjol. Data yang tertulis dalam bukuMegatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh PatriciaAburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalamkepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya. 

          2.      Perkembangan kognitif
      Berbeda dengan menonton televisi yang para penonton bersifat pasif, internet dan permainan elektronik sangat bersifat interaktif. Diduga internet dan permainan elektronik dapat merangsang pertumbuhan kecerdasan anak-anak dan orang dewasa. Sejauah ini belum ada pemantauan untuk melihat perkembangan inteligensi anak-anak Indonesia. Apakah anak-anak semakin tinggi IQnya dibandingkan dengan generasi sebelumnya? Apakah anak-anak pengguna internet lebih tinggi kecerdasannya jika dibandingkan dengan yang bukan pengguna internet?
            Teori perkembangan kognitif piaget adalah salah satu teori yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dengan dan mengiterprestasikan obyek dan kejadian-kejadian di sekitarnya. Bagaimana anak mempelajari ciri – ciri dan fungsi dari objek – objek, seperti mainan, perabot dan makanan, serta objek-objek sosial seperti diri, orang tua, teman. Bagaimana cara anak belajar mengelompokkan objek-objek untuk mengetahui persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaannya, untuk memahami penyebab terjadinya perubahan dalam objek-objek atau peristiwa-peristiwa, dan untuk membentuk perkiraan tentang objek dan peristiwa tersebut. Piaget memandang bahwa anak memainkan peran aktif didalam menyusun pengetahuannya mengenai realitas.
        3.      Perkembangan seksualitas
              Selain dapat digunakan untuk berpacaran melalui progam internet relay chatting (IRC), internet dapat pula digunakan untuk mengakses gambar dan filem porno. Walaupun gambar porno dan cerita porno dapat diperoleh dari berbagai sumber, kehadiran internet semakin menyemarakkan perolehan pronografi tersebut. Banyak pakar yang berpendapat bahwa rangsangan seksual yang diperoleh anak akan mempercepat proses kematangan seksual (lihat Conger, 1975).
       4.      Kecemasan teknologi
                Ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir. Stres karena teknologi adalah salah satu sumber stres dalam kehidupan manusia. Tentu saja banyaknya informasi yang masuk melalui e-mail atau internet dapat pula menyebabkan information overload, dan ini menjadi sumber stres yang lain.
                   5.    Meningkatnya rasa percaya diri

          Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percayadiri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.

                   6.   Tekanan
                         
                 Kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras, meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek  budaya:
1)      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat
2)      Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
3)      Pola interaksi antar manusia yang berubah




   B.  Aspek demografis dari individu pengguna internet
   1.      Pengaruh Gender
      a.       Dampak positif internet
        Dilihat dari segi positif nya internet memiliki banyak sekali dampak yang sangat luar   biasa hebatnya pada dunia pengetahuan. Para wanita karir maupun ibu rumah tangga kini dapat memiliki banyak sumber dan pedoman serta informasi-informasi untuk dunia kerja maupun keperluan sehari-hari misalnya : informasi untuk pekerjaan ,informasi resep makanan bagi ibu rumah tangga.Selain program didalam dunia kerja, internet juga menawarkan aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. 
         Permainan elektronik tersebut membantu wanita karier untuk menghilangkan kejenuhan dalam berkerja, membuat strategi, membangkitkan semangat kepemimpinan, dan bermain peran (role play).Internet juga bisa menjadi tempat bisnis bagi wanita yaitu dengan online shop dengan begitu wanita bisa mempunyai penghasilan sendiri namun ia tetap bisa dirumah mengurus keluarganya. Internet telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga internet mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya internet apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
   b.      Dampak negatif internet
Ø  Kejahatan di dalam dunia maya
Ø  Pornografi
Ø  Kekejaman dan Kesadisan
Ø  Penipuan
Ø  Penipuan belanja online
Ø  Perjudian
Ø  Mengurangi sifat sosial manusia
                 2.  Usia
               Masa anak-anak adalah masa keemasan dimana anak-anak berada dalam masa bermain serta belajar terhadap apa yang belum diketahuinya. Tapi, dimana sekarang perubahan teknologisemakin pesat, banyak anak-anak terutama pada anak yang berusia 5 hingga 12 tahun lebih menyukai bermain dengan teknologi baru seperti playstation, game online, handphone, tablet ataupun ipad.
                  A.  Dampak positif
   Ø  Memudahkan anak mendapatkan informasi dengan lebih cepat.
   Ø  Anak dapat mengenal serta menjalin komunikasi dengan  berbagai orang dari belahan dunia
  ØAkibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak.

                 B.  Dampak negatif
Ø  Anak terlalu cepat puas dengan pengetahuan yang didapatnya dari dunia.
Ø  Karena teknologi memberikan banyak kemudahan, tidak sedikit anak-anak tidak sabar dalam menghadapi kelambatan dan kesulitan.
Ø  Selain itu, kemajuan teknologi berdampak pada kurangnya sosialisasi anak pada teman temannya karena lebih menyukai menyendiri dengan permainan teknologinya.

                3.  Budaya
               Pada masa sekarang, kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi terasa begitu sangat pesat. Pesatnya kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebudayaan di Indonesia. Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi ini memang harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia tidak kalah saing dengan Negara lain.
                 A.  Dampak Positif
Ø  Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
Ø  Memudahkan pekerjaan manusia.
Ø  Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien.
Ø  Sistem pembelajaran tidak harus tatap muka dengan guru karena dengan kemajuan TIK khusunya Internet kita bisa melakukan V-class. Dan masih banyak yang lainnya.
                B.  Dampak negatif
Ø  Masuknya budaya asing yang tidak baik.
Ø  Lupa akan waktu
Ø  Merosotnya nilai moral




        III.    Dampak Positif dan Negatif Internet di Lingkungan Mahasiswa
A.     Dampak Positif
  • Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.
Menjadi anak kuliahan, kita sudah terbiasa dengan tugas-tugas yang “bejibun” yang semuanya pasti membutuhkan Internet untuk mencari sumber atau jawaban yang diperlukan dalam mengerjakan tugas perkuliahan.

  • Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.
Untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman tidak harus menggunakan pulsa lagi. Karena hanya dengan layanan media sosial menggunakan internet, seperti Whatsapp, Line, Skype, dsb. Kita dapat berkomunikasi dengan mudah dan juga dapat bertatap muka walaupun jauh dengan keluarga dan teman.

  • Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.
Sebagai mahasiswa terutama anak kost yang merantau dari luar kota, pasti sangat mengandalkan kartu debit untuk membayar uang kuliah dan biaya kehidupan sehari-hari yang dikirim atau di transfer oleh orang tua. Dengan berkembangnya internet, untuk melihat saldo tabungan sudah dapat dijangkau dengan mudah dan efisien melalui internet.


B.     Dampak Negatif
  •  Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu. 
   Dalam menggunakan layanan internet, sebaiknya jangan memasukkan data-data pribadi,seperti mencantumkan nomor telepon, alamat rumah/kost pada media sosial, contohnya Facebook, Path, Instagram, dll. Karena sayangya masih banyak oknum-oknum yang “jail” manggunakan data pribadi seseorang pada situ-situs tertentu.
  • Kerahasiaan alat tes semakin terancam
Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi,dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet. Sebagai mahasiswa Psikologi, kami sangat menyayangkan “kelonggaran” kode etik yang terjadi disini.
  • Kecemasan teknologi
Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.




THANK'S TO :
 id.scribd.com/doc/111764320/Sejarah-Internet-pdf
           http://sendyrahmawatiafdillah.blogspot.com
   https://id.scribd.com/doc/92246212/LANDASAN-ILMU-PENGETAHUAN-DAN-TEKNOLOGI-DALAM-PENGEMBANGAN-KURIKULUM
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 IntanPutriM. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates